February 23, 2016

Review #3: SHF Sailor Venus

SHFiguarts Sailor Venus 
¥4,200 | 19 April 2014 | Bandai

Opening
Ane punya barang baru nih (logat suatu produk iklan LOL).. kali ini lain dari biasanya, pada dua review sebelumnya dari lini tokusatsu, nah kali ini dari suatu anime yang cukup popular pada jaman saya SMP, jargonnya khasnya seperti ini "dengan kekuatan bulan akan menghukum mu !!" Yap masih ingat kan??.... Sailor Moon!! Jreng Jreng... (#lebaydotcom).

Sebenernya dulu jagoan favorit ane sih si sailor Jupiter, tapi berhubung ada seller yang jual barang ini dengan harga miring dan ane juga naksir so sikat aja deh hhe, apalagi sekarang ane seorang low cost budget collector, maklumlah uda berkeluarga (curcol dikit bro). Jadinya sejak ane punya figure si miss V (wah pada piktor ya pasti LOL) yauda ane ganti jadi si enon V... jadi favorit ane juga, soalnya ga tau kenapa dasar emang selera alam bawah sadar ane aja klo di anime liat cewek rambut pirang selalu mencuri perhatian. Sebetulnya ada alasan lain juga ane memutuskan untuk meminang SHF ini, jika suatu saat nanti klo SHF ane uda lumayan (Amiin) ane rencananya mau buat komiknya sekaligus buat jadi dayang2nya para rider hhe, jadi figure heroine pun diperlukan (semoga terealisasikan).

Figure Background
Sailor Venus atau nama asli Minako Aino, merupakan sailor ke 4 sekaligus sailor terakhir (sailor moon ga termasuk ya). Minako adalah sosok gadis yang punya semangat tinggi namun agak sedikit ceroboh. Cita-citanya yang ingin menjadi idola membuatnya selalu tertarik dengan dunia hiburan namun agak lemah dalam pelajaran. Awal kemunculannya sebagai Sailor V. Kemudian ia muncul kembali bersama kucing putih bernama Artemis pada saat para Sailor sedang kesulitan menghadapi musuh. Sama halnya dengan Usagi, suka tidak tahan lihat cowok cakep, namun berbeda dengan Usagi yang sudah punya pacar, Minako dengan agresif melakukan pendekatan dengan cowok itu. Para sahabatnya sering menganggap sikap Minako sering aneh dan jago banget buat keributan, namun ia termasuk teman yang enak diajak ngobrol. Ia memiliki kekuatan bulan sabit kembar dan rantai. Di Manga, Sailor venus adalah pemimpin pasukan ‘Sailor’ yang bertugas melindungi sang Putri. Pada awal cerita dia memiliki tanda bulan sebagai tanda dialah sang putri, tetapi sebenarnya hal tersebut bersifat sementara. Disaat kesadaran Usagi bangkit, tanda tersebut menghilang dan berganti menjadi ikat kepala normal Sailor. Tanda tersebut berpindah ke Usagi.

 


Picture Preview
Tidak usah basa-basi busuk lagi langsung aja please enjoy the picture gan/sis sekalian (klik untuk memperbesar).

Set Content
Dalam satu kesatuan package figure ini hadir dengan beberapa optional part serta asesoris sebagai pelengkap, namun sayangnya senjata wand andalannya tidak disediakan. Berikut  partnya:
  • Sailor Venus figure (sudah pastilaah~)
  • Si kucing Artemis
  • 3 optional part wajah
  • 4 pasang tangan optional
  • 1 tangan menggenggam kacamata
  • poni rambut dengan kacamata
  • stand base figure




Detail


 

Artikulasi

Action



Comment
Sepertinya untuk figure ini saya harus berkomentar banyak supaya terperinci saya jabarkan dengan beberapa point sebagai berikut: 
  • Untuk keseimbangan figure dengan menyesal harus saya katakan "payah", figure ini tidak bisa berdiri stabil dikarenakan luas alas kakinya yang terlalu kecil serta jenjang kaki yang keliatan mulus2 namun ringkih ditambah lagi dengan rambutnya yang terlalu besar dan berat ke belakang sehingga dalam pose berdiri normal saja tanpa gaya kaki figure tidak mampu menopang badan figure ini, jadi harus sabar2 dan siap menghadapi jatuh bangun figurenya jika memposein tanpa base.
  • Seperti yang saya katakan pada point sebelumnya figure ini ringkih, banyak part yang mudah patah jika tidak hati dalam mempose-in figure ini terutama pada joint2nya seperti joint rambut, joint pergelangan tangan, joint selangkangan dan juga sambungan bando rambutnya.
  • Molding and painting, dari segi molding ciamik dan seksi kadang bikin cenat-cenut LOL, dari segi paint job untuk part2 kecil terutama cat berwarna gold seperti anting dan plat ikat kepala saya acungkan jembol namun part yang di cat dengan warna oren seperti kalung, gelang kaki, dan sepatu masih bleber.
  • Dari segi artikulasi cukup bisa berbicara banyak karena bentuknya yang langsing membuat cukup bisa bergerak bebas namun harus hati2 karena itu tadi part2nya yang ringkih. Hanya saya di bagian sambungan torso dan pinggul mudah lepas sehingga mungkin pada bagian ini posenya tidak bisa maksimal.
  • Asesoris yang disajikan pun lumayan banyak, si teman kucingnya Artemis juga ikut disertakan dalam figure ini ditambah lagi standbasenya yang sepertinya selalu disediakan untuk shf serial ini, namun ada satu item yang kurang menurutku yaitu sailor venus wand senjata andalan si enon V tidak sediakan oleh bandai untuk figure ini (dasar bandit!!), ditambah lagi kacamata tambahan yang berlubang di bagian matanya pun tidak ada, hal ini mungkin hanya disediakan untuk shf Sailor V yg limited itu (damn). 
Untuk anda yang fanatik terhadap sailormoon sepertinya ga boleh melewatkan SHF serial ini klo bisa sih lengkapin semua sailornya yang di suguhkan oleh bandai, yah minimal 5 sailor utama ini karena jika berkumpul bersama pasti lebih sedap dilihat kan?? namun untuk ane sendiri masih tanda tanya dan kemungkinannya sangat kecil untuk bisa melengkapinya karena ane bukan perfectionist collector hhe, karena ane tipenya apapun yang keliatannya menarik dan pas di kantong pasti ya itu yang disikat jadi ga ada lini khusus, so kembali ke diri kita masing2 and last word thanks for reading :).



2 komentar:

  1. Reviewnya mendalam n menarik. Kami punya versi sailor moon tp bukan yg 1st edition. Ekspresi wajahnya nggak sekomplit versi rilisan pertama, still ok sih. Oh ya bagian rambut sailor venus, joint-nya menarikkah atau justru agak mengganggu tampilan mulusnya ya :)

    ReplyDelete
  2. Reviewnya mendalam n menarik. Kami punya versi sailor moon tp bukan yg 1st edition. Ekspresi wajahnya nggak sekomplit versi rilisan pertama, still ok sih. Oh ya bagian rambut sailor venus, joint-nya menarikkah atau justru agak mengganggu tampilan mulusnya ya :)

    ReplyDelete